Selamat Datang DiBLOGnya TIKAM djah Mum3t

22 April 2010

Crimping kabel UTP

LAN HUB

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau biasa di juluki (A.K.A) kabel LAN dengan menggunakan standar CAT 5 yaitu kabel dengan kemampuan transfer sampai 100 Mbps, konon kabarnya hanya bisa bekerja pada jarak maksimum 100 Meter walau saya sendiri belum pernah nyoba pasang sampe segitu panjangnya, paling panjang saya pasang sekitar 25 Meter, itu aja udah di bilang sama Master Master kenalan saya kalo datanya loss atau packet loss.

Adapun dibagi dua jenis:
1. Crossed-Over berfungsi menghubungkan perangkat yang sama, misal PC dengan PC atau SWITCH/HUB dengan SWITCH/HUB.

Walau SWITCH atau HUB keluaran sekarang yang beredar sudah banyak yang menggunakan teknologi auto negotiation, maksudnya itu SWITCH/HUB kalo dipasang kabel jenis cross atau straight sama aja bisa dipake (ga ngaruh)
Crossed-Over

Kira kira kalo tipe cross dijejer 2 ujungnya jadi seperti ini:

2. Straight-Through berfungsi menghubungkan perangkat yang berbeda, misal PC dengan HUB.
Straight-Through

Kira kira kalo tipe straight dijejer 2 ujungnya jadi seperti ini:

Jadi warna kabel yang dipake saya kira cuma warna yang ada di pin 1 , 2 , 3 , 6 dan selain kabel di pin itu saya kira ngga dipake. Pengalaman LAN card teman saya dengan merek D-LINK, konektornya cuma disediakan untuk 4 pin, yaitu 1, 2, 3 dan 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan nama Anda: Masukkan alamat e-mail Anda:
browser Masukkan negara Anda:
Tinggalkan komentar atau saran:

Daftar situs favorit Anda:

Free JavaScripts provided
by The JavaScript Source

Semoga Artikel Ini Dapat Membantu Anda Dalam Mencari Suatu Informasi Meskipun Hanya Sederhana.............!!!!!!!!.